Penanganan Covid-19 OTG (Orang Tanpa Gejala)

f:id:sintaaurelia:20210124191221j:plain

Seperti yang kita tau penderita virus Corona atau Covid 19 makin hari makin bertambah.
Penyebaran virus ini dengan mudah menyebar melalui kontak antar manusia, dan lebih mudah menyerang tubuh seseorang jika imun tubuhnya tidak terlalu kuat.
Gejala virus ini sama seperti saat kita terkena flu. Seperti batuk, pilek, demam, mual hingga sesak napas. Ada juga yang sampai kehilangan kemampuan untuk mencecap rasa.
Tetapi tidak semua orang memiliki gejala virus yang sama, ada juga yang tidak memiliki gejala sama sekali dan biasa di sebut OTG (Orang Tanpa Gejala)

Untuk pasien yang positif covid OTG (Orang Tanpa Gejala) bisa karantina mandiri. Sebisa mungkin jangan bersentuhan dan berinteraksi dengan orang lain atau keluarga agar menghindari penularan virus kepada orang lain. .

Baca juga : Cara Memerangi Pandemi Covid-19 dan Krisis Ekonomi oleh Presiden Amerika Terpilih Joe Biden


Pasien dengan gejala status OTG (Orang Tanpa Gejala) bisa menjalani isolasi mandiri dirumah jika memang memiliki tempat, tetapi jika memang tidak memiliki tempat lebih baik ke rumah sakit atau tempat yang sudah di sediakan oleh pemerintah setempat.

Fasilitas kamar untuk pasien tanpa gejala atau OTG (Orang Tanpa Gejala) idealnya harus memiliki ruangan dan kamar mandi sendiri agar tidak berkontak dengan anggota keluarga yang lain, pasien harus sebisa mungkin menjaga jarak dengan anggota keluarga yang lain. ruangan harus memiliki ventilasi udara agar sirkulasi udara normal, karena semakin baik ventilasi udara diruangan maka akan semakin rendah untuk resiko penularan.

Jika menjalani isolasi mandiri di rumah ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Usahakan tidak melakukan kontak kepada siapapun. Pantau terus suhu tubuh untuk memastikan komndisi tubuh stabil. Jika suhu tubuh terus naik bisa langsung kerumah sakit. 

f:id:sintaaurelia:20210124191438g:plain

Gunakan peralatan dan perlengkapan sendiri. Untuk mengurangi resiko penularan diwajibkan tidak berbagi barang pribadi, misalnya perlengkapan mandi, perlengkapan makan dan lain nya.
Perlengkapan dan peralatan jangan di campur oleh keluarga lain. Dari piring, sendok, gelas, dan garpu harus dipisahkan dari anggota keluarga lainnya, setelah digunakan bisa di cuci dengan air yang mengalir dan di rendam menggunakan sabun dan air panas.
Jika pasien OTG (Orang Tanpa Gejala) sedang bekerja maka wajib untuk memberitahukan pihak kantor agar bisa segera di tracking di kantor untuk tes covid oleh karyawan lainnya.

Pola hidup sehat dan bersih juga sangat penting, menjaga pola makan, olahraga teratur dan rutin berjemur dibawah sinar matahari di pagi hari selama 15-20menit, dan pastikan selalu berpikir positif.

Semua anggota keluarga harus menggunakan masker terutama pasien yang terinfeksi covid 19, selain itu cuci tangan secara berkala dengan sabun dan air yang mengalir. Untuk sekitar lingkungan dan di dalam rumah bisa dilakukan penyemprotan desinfektan. Permukaan tempat yang sudah di sentuh oleh pengidap virus harus dicuci menggunakan sabun dan air hangat, lalu di bersihkan kembali dengan cairan disinfektan, terutama di gagang pintu, permukaan meja dan lainnya.

 

f:id:sintaaurelia:20210124191640j:plain