Wisata Kuliner Legendaris dan Nikmat di Jakarta, Ada Apa Saja Ya?

Hai guysss, buat kalian nih yang pecinta kuliner, pasti tau dong kuliner yang uenakkkkk dan legendaris di jakarta..  Selain enak dan legendaris, harganya yang sangat terjangkau bikin pengunjung nggak nyesel bolak-balik karena ketagihan dengan makanan ini. Masih ragu untuk cobain kenikmatan wisata kulnernya? Yuk intip wisata kuliner legendaris di Jakarta dibawah ini.

 

f:id:sintaaurelia:20200325202421p:plain

Ragusa Ice Cream

Es krim asal Italia ini sangat populer di Jakarta, maka tak heran jika selalu ramai pengunjung. Mereka rela mengantri lama demi merasakan es krim yang konon sudah ada sejak tahun 1932, jauh sebelum Indonesia merdeka. Resap dan cara membuatnya dibawa langsung oleh pemilik awal yang juga merupakan warga Italia. Istimewanya es krim ini dibuat sendiri (homemade) dari susu sapi segar sebagai bahan dasarnya dan tidak menggunakan pengawet. menu yang paling terkenal adalah Spaghetti Ice Cream dan Banana Split. Sphagetti Ice Cream disajikan cukupo unik. sesuai dengan namanya, es krim ini menyerupai spaghetti. nampak jelas ada lembaran lembaran menyerupai mie khas italia yang berwarna putih, dan dilengkapo dengan topping kacang, sukade, dan sirup coklat. Sedangkan Banana Split, anda akan menemukan irisan buah pisang yang diatasnya terdapat tiga buah scoop es krim yang rasanya bisa dipilih sesuai selera. 

 

Lokasi : Jalan Veteran I no 10, Gambir, Jakarta Pusat (dekat Masjid Istiqlal)

 

f:id:sintaaurelia:20200325202538p:plain

Soto Betawi H. Ma'ruf

 

Menu makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan warga jakarta. Rasanya yang nikmat dan khasnya menjadikan soto betawi H. Ma'ruf mendapat tempat spesial bagi pecintanya. Terletak di jalan Cikini Raya, gerai soto betawi ini selalu ramai pengunjung di jam makan. Mereka rela datang jauh jauh hanya untuk mencicipi salah satu makanan legendaris Jakarta yang sudah didirikan sejak tahun 1940an ini. Nama soto betawi ini diambil dari nama pendirinya, H. Ma'ruf. Sebelum menetap di Jalan Raya Cikini, soto betawi ini sempat berpindah-pindah tempat, mulai dari pasar Gondangdia hingga dekat kantor Imigrasi Jakarta Pusat. Salah satu kekhasan soto Betawi ini adalah menggunakan daging dan jeroan sapi-bukan kambing. Daging dan Jeroan ini sebelumnya sudah direndam didalam kuah soto baru kemudian digoreng hingga garing. Keistimewaan lainnya adalah paru gorengnya yang tetap garing sekalipun sudah di rendam di kuah soto. Maka tak heran jika banyak kalangan yang sudah mencicipinya, mulai dari pejabat, tokoh politik, mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), hingga keluarga Cendana. 

 

Lokasi : Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Menteng, Jakarta Pusat

 

 

f:id:sintaaurelia:20200325203014p:plain

Bakmi Gang Kelinci

Gang Kelinci tidak hanya identik dengan lagu legendaris yang dinyanyikan Lilis Suryani, lho! Ada juga bakmi Gang Kelinci yang tidak kalah melegenda.Salah satu tempat makan legendaris di Jakarta ini sudah berdiri sejak 1957 di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Popularitasnya bertahan hingga saat ini. Hal itu bisa dilihat dengan ramainya pengunjung yang silih berganti mengisi setiap tempat duduk yang ada. 

Tempat makan ini menawarkan beragam menu dengan bahan dasar mie. Kamu bisa memilih antara bakmi ayam cah jamur hingga dimsum yang yummy. Yang paling favorit? Bakmi ayam jamur bisa menjadi opsi. Rasanya dijamin nendang banget!

Lokasi: Jl. Kelinci Raya No.1-3, RT.4/RW.3, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

 

f:id:sintaaurelia:20200325203228p:plain

Kopi Es TAK KIE

Jika ingin datang ke tempat makan legendaris di Jakarta yang berkaitan dengan kopi dan teh, Kedai Es Tak Kie di kawasan Glodok pastinya menjadi satu yang terbesit di kepala. Sajian es kopi dan teh yang ditawarkan memang ngehits dan legendaris banget! Usia kedai ini nyaris seabad. Kedainya sendiri cukup klasik, setidaknya terlihat dari interior ruangan. Papan nama dan hiasan dinding juga masih dipertahankan dari tahun ke tahun.

Bukan itu saja yang membuat kedai ini melegenda. Varian kopi yang disajikan tidak variatif, bahkan hanya dua. Pilihan yang kamu miliki adalah kopi hitam dan kopi susu. Namun, rasa yang ditawarkan memiliki signature tersendiri, dan dijamin tidak ditemukan di tempat lain.

Lokasi: Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, RT.7/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

 

f:id:sintaaurelia:20200325203428p:plain

Kwetiau Sapi Mangga Besar 78

Satu lagi tempat makan legendaris di Jakarta yang menyajikan kuliner bertipe chinese food, yaitu Kwetiau Sapi Mangga Besar 78. Rumah makan ini sudah berdiri sejak 40 tahun silam, meski usaha sudah berjalan sejak 1956 dengan pikulan.Menu yang ngehits dan populer di tempat ini adalah kwetiau siram. Kwetiau yang lembut dengan bumbu bawang putih dan kaldu sapi yang gurih, ditambah babat sapi, urat sapi dan daging sapi yang kenyal memberikan sensasi rasa yang mengesankan.

Yang menjadikan sajian ini spesial, selain soal rasa, adalah jumlah isian yang melimpah. Jangan khawatir bakal kekurangan, malah mungkin kamu akan pesimistis akan bisa nambah porsinya.

Lokasi: Jalan Mangga Besar Raya No.78D, Taman Sari, RT.13/RW.1, Taman Sari, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta