Daur Ulang Plastik Untuk Menambah Penghasilan

f:id:sintaaurelia:20210208214033j:plain

pkv games

Daur ulang menjadi tren di Indonesia dan semakin popular. Kalian bisa memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah atau sekitar lingkungan kalian untuk membuka lapangan kerja baru sambal menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar kalian. Setiap rumah pasti mempunyai barang bekas yang sudahh tidak di pakai lagi.  Barang tersebut bisa digunakan untuk di daur ulang Kembali menjadi sebuah barang. Barang yang sudah di daur ulang bisa di jadikan usaha yang prospektif dan menyenangkan  

Ada berbagai barang yang bisa di daur ulang untuk digunakan Kembali. Bahan bahan seperti botol bekas, plastik bekas hingga kertas bekas, semua bisa di jadikan bahan untuk daur ulang plastik. Kalian bisa memisahkan sampah basah dan sampah plastik agar lebih mudah untuk memilih bahan yang masih bisa di gunakan untuk mendaur ulang plastik.

Manfaat daur ulang plastik bagi lingkungan adalah membuka lapangan kerja baru, menambah pendapatan dan mencegah pencemaran lingkungan yang diakibatkan karena sampah plastik yang dibuang dimana mana. Sampah plastik juga dapat menjadi tempat berkembangnya penyakit karena tidak dapat terurai, sampah plastik yang dibuang sembarangan bisa mengakibatkan saluran air tersumbat dan membuat lingkungan menjadi kotor dan kumuh. Sampah organik pun bisa diuraikan dan dimanfaatkan menjadi pupuk alami.

Alternatif atau cara terbaik untuk sampah plastik ialah dengan melakukan daur ulang plastik supaya bisa dimanfaatkan kembali dan tidak mencemari lingkungan. Seiring dengan kemajuan teknologi dan jaman, membuat mencari pekerjaan lebih sulit karena banyaknya persaingan. Dengan memanfaatkan produksi daur ulang plastik, kalian bisa berpeluang untuk menjadi pengusaha baru yang bisa mengandalkan ide dan kreatifitas di dalam bidang produksi daur ulang plastik serta bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain dan mengurangi penggangguran. Sakong

 

f:id:sintaaurelia:20210208213311g:plain

Anda juga bisa mengasah ketrampilan bakat dalam jiwa seni anda. Anda bisa membuat barang yang menarik yang bisa menarik konsumen dari daur ulang plastik ini, dari bentuk dan ukuran yang unik anda bisa membuat para konsumen tertarik terhadap barang daur ulang plastik yang sudah anda buat atau produksi. Barang daur ulang plastik mempunyai nilai ekonomi yang baik dan bisa di perjualbelikan. Gunakan kesempatan ini, anda bisa menghasilkan keuntungan dari daur ulang plastik ini untuk menambah penghasilan. Hasil dari daur ulang plastik ini bisa kalian pasarkan secara online atau bisa juga memasarkan secara langsung di sekitar rumah. Menjual hasil produksi daur ulang plastik ini juga bisa melatih kemampuan pemasaran anda sekaligus memperluas relasi anda yang bisa bermanfaat di kemudian hari.

Dengan usaha daur ulang plastik ini juga bisa membantu mengatasi pencemaran lingkungan karena sampah yang tidak terurai secara alami dan butuh proses Panjang untuk bisa hancur. Karena itu, agar tidak mencemari lingkungan anda bisa melakukan daur ulang plastik ini, Manfaatkan setiap plastik, botol dan berbagai sampah plastic lainnya untuk dijadikan sebuah kerajinan. Pisahkan sampah organik dan non organik agar kalian bisa memanfaatkan plastik tersebut dengan mudah.

 

Ide bisnis daur ulang plastik yang bisa di manfaatkan menjadi uang :

  1. Tempat serba guna.

Jika anda menemukan botol plastic berukuran 1,5 liter makan anda bisa merubah botol tersebut menjadi tempat penyimpanan serba guna. Potong belah 2 botol tersebut, beri warna dan hiaslah dengan pewarna atau car air dengan warna yang menarik dan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

  1. Tirai warna warni

Anda bisa membuat tireai dendan bahan daur ulang plastic yang anda punya. Anda bisa menyiapkan kertas koran bekas, tali, botol plastic bekas, gunting, lem dan cat air. Guntinglah koran dan botol secara memanjang dengan lebar yang ukurannya sama.

Tempelkan koran dan botol plastic dengan menggunakan lem, beri warna yang menarik dengan menggunakan cat air. Setelah kering, anda bisa mengikatnya dengan menggunakan tali dan menggantung tirai tersebut pada kamar atau ruang tamu.

  1. Hiasan rumah

Dari daur ulang plastik banyak sendok dan botol plastic yang berukuran sedang juga bisa anda gunakan untuk menjadi hiasan. Potonglah botol plastic bekas jadi dua bagian. Tempel sendok bekas ke dalam botol dengan lem sampai seluruk permukaan botol tertutup sendoknya. Hiaslah dengan cat air  agar punya warna yang bagus dan menarik. Hiasan sederhana ini bisa di pajang di mana saja

  1. Celengan Plastik

Salah satu produk daur ulang plastik yang sangat mudah dibuat ialah membuat celengan dari botol plastic. Hanya dibutuhkan botol yang ukuran beragam, pilok, lem dan cutter. Belah botol menjadi 2 bagian yang sama, dan sambungkan 2 potongan tersebut menjadi 1 bagian yang lebih kecil. Sayat bagian atas botol menyerupai sebuah lubang untuk memasukkan uang. Pastikan ukuran lubangnya pas untuk dimasuki uang kertas dan logam. Hiaslah celengan dengan car air agar lebih menarik.

  1. Terompet dari botol bekas

Botol bekas bisa di kreasikan dengan mudah menjadi terompet sederhana. Terompet yang terbuat dari botol plastik bisa menjadi salah satu kreasi kerajinan yang sangat menarik untuk dijual di pasaran. Hanya membutuhkan botol plastik ukuran 1,5 liter, kalban, balon ukuran besar, kertas koran bekas dan karet gelang.

Potonglah botol bekas tepat di bagian tengah menjadi 2 bagian yang berukuran sama Panjang. Lubang pada bagian mulut botol bisa di tutup dengan menggunakan balon tiup hingga tidak ada udara yang bisa masuk. Ikat kencang mulut dan dasar botol yang sudar di lubangi dengan karet gelang. Semakin kencang ikatan karetnya, semakin kencang suara yang di hasilkan semakin nyaring. Tutup celah yang ada di botol dengan lakban hingga rapat. Hiaslah terompet dengan menggunakan car air agar terlihat lebih menarik dan indah untuk dilihat dan di jual.

Itulah beberapa ide contoh daur ulang plastik yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang yang bisa dijadikan penghasilan tambahan. Selain itu juga kalian bisa ikut berperan untuk mengurangi populasi sampah atau limbah plastic, serta mencegah penumpukan sampah.

 

                               f:id:sintaaurelia:20210208213419g:plain

f:id:sintaaurelia:20210208213433j:plain

pkvsakongkiu99.blogspot.com