KOTA WISATA YOGYAKARTA

f:id:sintaaurelia:20200324145543j:plain

TUGU JOGJAKARTA

Yogyakarta adalah daerah istimewa setingkat provinsi di Pulau Jawa, Indonesia. Uniknya, nama ibu kota provinsinya juga Yogyakarta. Uniknya lagi, nama tersebut sering dilafalkan berbeda-beda. Ada yang menyebutnya Yogyakarta, Yogya, Jogjakarta, atau Jogja. Anak muda menyebutnya YogYes (yes=ya, maka yogyes=yogya). Kota di Jawa Tengah ini selalu padat turis pada saat-saat liburan. Jogja atau Yogyakarta merupakan tempat tujuan wisata utama bagi banyak warga Indonesia setelah Bali. Seperti namanya; Daerah Istimewa Yogyakarta, kota ini menjadi sangat istimewa karena merupakan salah satu kota di Indonesia yang masih memiliki keluarga kerajaan.

Tempat Wisata di Jogja

Selain candi, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat tujuan wisata lainnya, baik wisata alam budaya, wisata belanja dan wisata kuliner.

Anda akan butuh waktu cukup lama untuk explore Jogja, ga bakal cukup hanya dengan satu atau dua hari saja.

Berikut beberapa tempat wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi:

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur sudah sangat terkenal di dunia. Candi ini masuk kedalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Candi ini merupakan Candi Budha terbesar dan terlengkap di dunia. Dilihat dari atas, bentuk Candi Borobudur menyerupai bunga teratai, yang akan sangat indah bila dilihat pada saat matahari terbit atau terbenam.

Candi Borobudur sebetulnya masuk dalam wilayah Magelang, Jawa Tengah. Tapi, wisatawan yang liburan ke Jogja sering sekali memasukan candi Borobudur sebagai salah satu tempat yang akan dikunjungi.

Terletak sekitar 40Km barat laut dari Yogyakarta, candi yang memiliki 72 stupa ini selalu menjadi salah satu tujuan utama turis, baik domestik maupun mancanegara.

f:id:sintaaurelia:20200324124226j:plain

 

 

2. Candi Prambanan

Candi lainnya yang terkenal adalah Candi Prambanan. Terletak sekitar 17Km dari pusat kota Yogyakarta, Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini memiliki relief yang menceritakan kisah mengenai Ramayana dan Krishnayana.

Di Candi ini pula pertunjukan Rama Shinta digelar. Hari-hari biasa pertunjukan ini digelar di dalam ruangan, pada malam purnama pertunjukan hampir selalu digelar diruang terbuka dengan Candi Prambanan berperan sebagai latar belakang, memberikan pemandangan yang indah.

Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, maka tidaklah sulit untuk mencapai candi ini. Transportasi umum pun tersedia menuju tempat ini bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi. Tempat ini tidak pernah kalah menarik dari tempat wisata baru di Jogja lainnya yang terus bermunculan.

f:id:sintaaurelia:20200324125116p:plain

 

 

3. Jalan Malioboro

Jalan paling terkenal di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Di sepanjang jalan ini terdapat toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang, dari pakaian, kerajinan tangan sampai makanan. Salah satu hal yang khas mengenai Malioboro adalah penjual makanan lesehan.

Penjual makanan lesehan ini akan menggelar lesehannya setelah jam 5 sore. Jalan Malioboro akan lebih ramai pada malam hari karena di beberapa tempat akan ada beberapa group pemusik jalanan yang akan menghibur pengunjung dengan lagu-lagu mereka.

Selain itu pada malam hari Anda juga dapat melihat beberapa orang mengenakan berbagai macam kostum yang akan bersedia difoto tanpa bayaran. Jalan Malioboro memang selalu menarik untuk dikunjungi. Suasana jalan ini memang unik, anda yang mencari wisata jogja malam hari juga bisa berjalan-jalan santai disini.

Jalan Malioboro bisa dikatakan salah satu spot foto di Jogja yang wajib. Rasanya ga lengkap berlibur jika ngga berfoto disini.

f:id:sintaaurelia:20200324130120p:plain

 

4. Alun Alun Kidul 

Jika berlibur ke Yogyakarta, salah satu tempat legendaris yang wajib kamu kunjungi adalah Alun Alun Selatan Yogyakarta. Alun alun Selatan menjadi primadona wisata malam bagi wisatawan malam yang berkunjung ke kota Yogyakarta. Selain berwisata kuliner, anda juga dapat menikmati sensasi sepeda gembira yang mengantar anda Bersama keluarga atau teman untuk berkeliling Alun alun Selatan Yogyakarta.

Bagi kamu yang ingin menjelajahi wisata malam di alun-alun dan sekitarnya, maka kamu dapat menyewa sepeda kayuh yang ada di sekitar alkid. Kamu dapat menyewa sepeda kayuh dengan berbagai jenis, mulai dari bonceng dua dan tiga. tentunya menjadi pengalaman yang seru dan sayang untuk dilewatkan. 

Jika kamu meyukai olahraga malam, maka di Alkid kamu juga dapat melakukannya seperti lari dan streching. Dengan gemerlap lampu yang ada di Alkid maka akan membuat wisata dan olahragamu terasa menarik dan sayang untuk dilewatkan bukan?

f:id:sintaaurelia:20200324131420p:plain

 

 

5. PANTAI INDRAYANTI

Pantai Indrayanti menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Hamparan pasir dan birunya laut menjadi pesona yang tiada dua.Pantai Indrayanti merupakan salah satu tempat wisata Yogyakarta yang menjadi rekomendasi bagi wisatawan. Jika kamu merasa jenuh di Malioboro, pantai ini bisa menjadi pilihannya.Pantai Indrayanti menyuguhkan suasana khas pantai selatan yang luas dengan air yang jernih. Pemandangan terbaik Pantai Indrayanti tidak hanya saat matahari menjelang terbenam, tetapi pada pagi hari menawarkan suasana pantai yang sejuk. Bukit-bukit di belakang garis pantai menjadi daya tarik tersendiri dengan deburan ombak.Terdapat gunung batu karang yang besar, dengan dilengkapi anak tangga. Para wisatawan bisa berfoto dan menikmati pemandangan pantai yang indah dan luas.

f:id:sintaaurelia:20200324131820p:plain

 

6. HUTAN PINUS PENGGER

Keindahan alam Jogja memang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari pantai, perbukitan, sungai, gunung, dan hutan pinusnya selalu mempesona. Banyak wisatawan dari luar daerah Jogja hingga wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jogja untuk menikmati indahnya panorama alam yang disajikan. Salah satu objek wisata alamnya yang instagramable dan selalu ramai dikunjungi adalah Hutan Pinus Pengger.  

Hutan Pinus Pengger merupakan salah wisata alam instagramable yang telah menjadi viral di social media karena keindahannya yang sungguh mempesona. Objek wisata satu ini paling pas dikunjungi ketika pagi disaat fajar (matahari terbit) dan ketika sore saat matahari terbenam hingga menjelang malam hari. Keindahan ketika malam hari inilah yang menjadi incaran para wisatawan dengan gemerlapnya lampu-lampu Kota Jogja. Berbagai spot wisata menarik disediakan oleh pengelola agar wisatawan dapat mengabadikan momen spesialnya disini dengan latar belakangnya yang semakin indah. Spot fotonya yang paling terkenal adalah tangan raksasa (tangan dewa) dan spot gerbang yang dihiasi lampu kerlap-kerlip. Spot ini juga menjadi ornament yang memiliki keunikan karena bentuknya yang berupa lilitan akar yang disusun menjadi lebih menarik.

f:id:sintaaurelia:20200324135950p:plain

 

Selain tempat-tempat liburan di atas, terdapat juga berbagai tempat wisata dan desa wisata di Jogja yang menarik pula untuk dikunjungi. Desa wisata Jogja biasanya menawarkan suasana dan keunikan yang khas, berbeda dengan destinasi wisata biasa.

Mudah-mudahan rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta ini bisa berguna untuk anda. Selamat berlibur!